Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Arduino pro mini | Apa itu Arduino pro mini

 Halo teman teman semuanya selamat datang kembali di web Badar Teknog, pada kesempatan kali ini kita akan mengenal apa itu board Arduino pro mini, pada beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas apa itu Arduino Uno, nah sekarang kita akan membahas apa itu Arduino pro mini ini, yang lumayan populer di kalangan pencinta Arduino 

 Mungkin dari kalian sudah sedikit mengerti apa itu Board Arduino pro mini ini, nah di sini kita akan mengenal Arduino pro mini ini aga sedikit mendetile, ga usah banyak bahasa basi lagi langsung saja kita bahas.


Apa itu Arduino pro mini

Arduino pro mini ini merupakan board mikrokontroler yang cocok untuk Project Project yang sifatnya permanent, kenepa permanent karena Arduino pro mini ini tidak memiliki driver untuk meng-upload / berkomunikasi dengan komputer, jadi Pro mini ini tidak cocok untuk praktikum / atau untuk belajar, dengan adanya Arduino pro mini ini kita dapat menghemat biaya produksi project kita, karena harga Arduino pro mini ini lebih terjangkau atau bisa di bilang Pro mini ini memiliki harga setengahnya dari kakanya atau Arduino Uno, tak heran jika banyak produsen produsen kecil yang mengunakan board ini sebagai mikrokontroler nya,
 Dari harga berbeda apakah fungsinya sama ? Tentu saja berbeda tapi tidak berbeda jauh kok hanya beberapa saja yang berbeda tapi segi fungsi tetap sama, karena Arduino pro mini ini sudah cukup langkap untuk menjalankan program kita.

Arduino Pro Mini hadir dalam 2 versi yaitu versi 3,3 Volt 8 Mhz dan versi 5 Volt 16 MHz yang membuatnya mudah untuk dipilih sesuai kebutuhan. Dimensi yang kecil membuat Arduino Pro Mini bisa langsung ditanamkan pada proyek-proyek robotika. Kelemahan Arduino Pro Mini adalah tidak ditanamkannya USB Adapter pada papan sehingga para pengguna harus menyediakan sendiri USB Adapter terpisah.

Arduino Pro Mini tidak dapat langsung dihubungkan ke komputer karena Pro Mini tidak memiliki USB Adapter terintegrasi sehingga para pengguna diwajibkan menyediakan USB Adapter tersendiri. Ada beberapa USB Adapter yang tersedia di pasaran dari mulai yang mahal hingga yang termurah. Penggunan bisa menggunakan USB Adapter dengan chip ATmega16U2, FTDI, CP1202, atau CH340. Pada dasarnya Arduino Pro Mini hanyalah breakout dari chip ATmega168/ATmega328 hanya saja dilengkapi dengan beberapa komponen pelengkap untuk menyokong supaya chip ATmega168/ATmega328 dapat bekerja.

Pro Mini dibuat dengan tujuan sebagai papan yang dipasang didalam objek semi-permanen atau sekedar sebagai pertunjukan. Papan Pro Mini pada umumnya dijual tanpa pin kepala yang terpasang pada lubang, hal ini memberikan keleluasaan kepada para penggunanya untuk memasang pin kepala sesuai keinginannya atau bahkan langsung dihubungkan ke kabel. Dipasaran ada 2 versi papan Pro Mini. Jenis pertama yang bekerja pada tegangan 3,3 Volt dengan pewaktu 8 MHz, sedangkan papan lainnya bekerja pada tegangan 5 Volt dengan pewaktu 16 MHz. Pinout Arduino Pro Mini sama dengan Pinout Arduino Mini hanya saja ukuran papan yang berbeda. Papan Arduino Pro Mini dibuat dan dikembangkan oleh perusaahaan SparkFun Electronics.


Datasheet Arduino pro mini 

Chip = ATmega 328P SMD
Size  = [0.7" x 1.3" (1.778 x 3,302 cm)]
Pin Digital  = 14, 6 sebagai PWM
Pin Analog = 6, 2 sebagai I2C
Output masing-masing pin 200ma.
Tegangan Operasi 3V atau 5V 
Arus DC per pin I/O 40 mA
Flash Memory 16 KByte (ATmega168)  
Flash Memory 32 KByte (ATmega328) 
SRAM 1 KByte (AT168)
SRAM 2 KByte (AT328)
EEPROM 512 Byte (AT168)
EEPROM 1KBbte    (AT328)
Clock Speed 8    MHz (model 3V) 
Clock Speed 16 MHz (model 5V)

Di bawah ini ada gambar mengenai Arduino pro mini, temen temen dapat mempelajarinya, gambar ini sudah lengkap untuk menggambarkan Arduino pro mini ini

Itu dua pembahasan mengenai Arduino pro mini, jangan lupa kunjungi artikel Badar Teknog lainnya ya 😁