Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu NodeMCU ESP8266, Megenal NodeMCU dan Spesifikasinya


Pengertian NodeMCU

Node mcu adalah sebuah board mikrokontroler yang mirip dengan arduino tetapi NodeMCU ini lebih banyak fungsinya dan lebih powerful, Module ini biasanya di gunakan untuk membuat alat berbasis IoT atau (Internet Of Things) NodeMCU ini turunan dari ESP8266.

Secara fungsi Module NodeMCU ini mirip dengan module Arduino, tetapi yang membedakannya module ini lebih di peruntukan untuk projetc yang berbasis internet.

Untuk kepopuleran Module ini kurang begitu populer dibandingkan dengan module arduino, karena module ini tidak begitu populer membuat module ini dijual aga lebih murah jika di bandingkan dengan board arduino, padahal dari segi spesifikasi dari board ini lebih unggul dari arduino.

Module ini dapat terhubung dengan internet dan juga bisa memancarkan sinyal hotspot yang membuat alat ini dapat berkomunikasi tanpa kabel, jadi kita dapat membuat projek yang memerlukan komunikasi tanpa kabel.



Spesifikasi NodeMCU

- Tegangan pin 3.3V
- Input tegangan 5V ~ 9V DC
- Port micro USB
- Memiliki antena di PCB
- LED internal PIN GPIO 2
- Memiliki tombol Riset
- Memiliki tombol Flash
- Chip driver CP2102
- Flash Memory 4MByte
- SRAM 32 KB
- EEPROM dapat di sesuaikan
- Tegangan kerja -40 ~+ 125 
- Clock Speed 80Mhs/160Mhs
- Arsitektur 32 bit
- WiFi 2.4 GHz receiver & transmitter
- Wireless 802.11 b/g/n protokol
- 17 GPIOs
- 10 bit ADC
- URAT
- ISP

Bagian bagian NodeMCU


sumber gambar : randomnerdtutorials

Berikut gambaran output pin dari NodeMCU terlihat di samping kiri ada tombol keci, tombol itu berfungsi untuk riset dan di sebelah kanan bawah terdapat tombol juga, fungsinya untuk flash, untuk port nya module ini mengunakan mikro USB, terdapat IC regulator pada board ini, fungsinya untuk menurunkan tegangan dari USB menjadi 3.3V, karena ESP8266 bekerja pada tegangan 3.3V.

Disana terdapat Chip yang berbentuk persegi Chip itu adalah chip driver fungsi dari chip itu adalah, untuk berkomunikasi antar chip ESP8266 dengan komputer.

Lalu di sana terdapat Chip yang berbentuk persegi panjang yang dilapisi seng, itu adalah chip utamanya ESP8266, semuanya program yang kita buat ada di sana dan di eksekusi di sana, kalau di komputer, memory, dan RAM memiliki bagiannya sendiri, berbeda dengan Chip ESP8266 Memory, RAM dan EEPROM sudah menyatu di dalam chip ini.

Oke itu dia NodeMCU beserta spesifikasinya semoga artikel ini dapat bermanfaat :D