Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat push button pullup tanpa resistor

 Push button adalah komponen yang fungsinya untuk menyambung dan memutus arus listrik, push button ini bisa kita gunakan untuk menyalakan lampu atau menatikan lampu, tidak hanya lampu saja yang dapat di kta hubungkan dengan push button ini maliankan komponen lain juga bisa kita gunakan. 

Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat push button pullup tanpa resistor, dimana kita akan mengunakan resistor pullup yang sudah tertanam pada chip arduinonya, resistor itertanal ni terhubung dari GND ke setiap pin digital yang ada di arduino, setiap pin digital mempunyai resistor internalnya masing masing.

Perakitan

Langsung saja kita praktekkan, silahkan susun arduino dan push button nya sama seperti gabar di atas, pastikan tidak ada yang salah dalam perakitanya, kita di sini akan mengunakan pin digital nomor dua.

Setelah selesai perakitan, saatnya kita masukan program untuk push buttonya, silahkan salin code di bawah dan pastekan di SIDE temen-temen, setelah itu silahkan compile dan lihat hasilnya...

Programnya

byte data;
void setup(){
 Serial.begin(9600);
 pinMode(11,INPUT_PULLUP);
 pinMode(13,OUTPUT);  
    delay(1000); 
 
}
void loop(){
  data=digitalRead(11);
    
  Serial.println(data);
      
  if(data==0){
        digitalWrite(13,HIGH);
    }else{
        digitalWrite(13,LOW);
    } 
    
}

Penjelasan Program

 Led 13 atau led internal yang ada di arduino akan menyala jika push button di tekan, dan akan padam jika push button di lepas, kenapa bisa terjadi karena funsi INPUT__PULLUP kan memanggil resistor internal yang ada di arduino, jadi pin 2 ada teganganya yang di berikan oleh resistor internalnya, ketika pin 2 di hubungkan ke gnd melalui push button maka akan terbaca bahwa pin 2 tidak ada tegangan.

jika pin 2 terbaca tidak ada tegangan makan akan memberikan nilai 0 atau false atau LOW, jika pin 2 ada teganganya maka akan memberikan nilai 1 atau true atau HIGH, nah kondisi ini bisa kita manfaatkan yntuk menyalan led, jika kita sudah mendapatkan data dari push button untuk eksekusi programnya mudah, seperti ini, Jika nilai push button 0 maka nyalakan led, jika nilai 1 maka matkan led, seperti itu cara kerja resistor pullup yanga ada di internal arduino untuk tutorial lebih lengkapnya bisa cek video tutorial di bawah ini....