Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah membuat lampu Flip-Flop dengan arduino

Halo teman-teman pada kesempatak kali ini kita akan belajar membuat lampu flip-flop dengan arduino, projetc ini akan membuat lamu LED menyala kedap-kedip bergantian sesuai jeda yang sudah kita atur terlebih dahulu di programnya. 


Kalau kita membuat lampu flip-flop dengan mengunakan rangkaian elektronika cara buatnya aga rumit, nah dengan arduino ini kita bisa dengan mudah membuat lampu flip-flop ini, yuk kita buat rangkainanya sekayang.

Bahan bahan yang di perlukan 

1. Arduino Uno/Nano
2. Breadboard
3. Kabel jumper
4. Resistor 10K
5. Lampu led

Cara Perakitan 

Jika bahan-bahan di atas sudah terkumpul mari saatnya kita buat rangkaianya, silahkan rangkai komponenya mengikuti wiring di bawah, pastikan rangkainya benar dan tidak terbalik, kalau kebali maka rangkainaya tidak akan berfunsi dengan semestinya, jangan lupa di pasang resistornya untuk jaga-jaga kalau LED nya tidak kuat dengan tegangan 5V, biasanya kalau kita pasang LED dengan tegangan 3V lalu kita nyalakan dengan tegangan 5V maka LED nya akan langsung putus, maka dari itu kita siasati dengan memberikan resistor 10K untuk jaga-jaga kalau LED nya tidak kuat dengan tegangan 5V soalnya tegangan OUTPUT dari pin arduino sebesar 5v.

Jika rangkaianya sudah selesai di buat, saatnya kita upload programnya ke arduino, di sini aku sudah menyiapkan programnya jadi kamu tinggal copy dan pastekan ke software arduino temen-temen.


Code Programnya

Arduino Code
int greenLED=9; //Pin LED warna hijau
int redLED=10; //Pin LED warna merah
void setup(){
 pinMode(greenLED, OUTPUT); //pin dijadikan OUTPUT
 pinMode(redLED, OUTPUT); //pin dijadikan OUTPUT
}
void loop(){
 delay(1000); //Jeda 1000 MS
 digitalWrite(greenLED, HIGH); //menyalakan LED warna hijau
 digitalWrite(redLED, LOW); //memadamkan LED warna merah
 delay(1000);
 digitalWrite(greenLED, LOW); //memadamkan LED warna hijau
 digitalWrite(redLED, HIGH); //menyalakan LED warna merah
}


Program di atas akam membuat LED berkedip secara bergantian dengan jeda yang sudah kita atur, jeda dari kedipan dari LED nya bisa di atur dengan merubah program delaynya setelah itu di upload ulang. 

Oke sampai jumpa di artikel lainya.....