Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah membuat amplifier dari module PAM8403 - Badar Teknog

Amplifier adalah rangkaian elektronika yang berfungsi untuk meningkatkan atau memperkuat signal output audio, nah pada kali aku mau membagikan tutorial cara membuat rangkaian amplifier, kita di sini akan mengandalak module amplifier yanga ada di pasaran yaitu Mudule PAM8403.

Module ini banyak di jual di toko onlie untuk harganya juga ga mahal berkisar 5rb an untuk satu PCS module nya, walaupun harganya murah module ini dapat menghasilkan suara high-fidelity(HiFi) dengan output stereo 3W pokoknya suara yang di hasilkan juga ga mengencewakan


Spesifikasi module PAM8403

- Tegangan kerja 2.5V  sampai dengan 5,5V DC
- Dual channel stereo, output speaker 2 x 3W.
- Output impedance 4-8 ohm
- Dimensi 20 x 18 x 4mm
- Berat 5g

Module PAM 8403 ini cukup ringkas dan ukuranya cukup kecil, bahkan anda yang baru pertama membelinya akan cukup heran dengan bentuk dan ukuran fisiknya yang sangat mungil, jadi sangat cocok untuk membuat sebuah mini amplifier yang ringkas, dan ga makan tempat, karena semua komponen yang di guakan mengunakan komponen SMD yang dimesinya cukup kecil jika di bandingkan dengan komponen DIP.

Nah sebelum itu kita perlu menyiapkan bahan dan alatnya  terlebih dahulu nih.
1. Dua Speaker 3W
2. Kabel audio jack 3.5
3. Module PAM8403
4. Kabel USB beserta adaptornya 
5. beberapa kabel
6. Solder dan kawatnya 

Setelah bahan-bahanya terkumpul semua saatnya kita rakit amplifiernya 

Sudah aku kasih gambaran cara pemasangan masing-masing komponenya seperti di atas, janagn sampai ada yang salah ya, apalagi bagian kabel powernta, kalau kabel power terbalik maka akan membuat module PAM8403 menjadi rusak, untuk powernya aku sarakan mengunakan teganagan 5V DC, bisa menggunakan adaptor charger hap ang dimana teganganya 5V DC juga.

Untuk speaker ga harus pakai yang 3W, bisa pakai speakar bekas radio yang kecil atau speaker bekas yang lainya, seperti saya pada video di youtube saya menggunakan sepaker bekas mobil, dan hasilnya juga bagus.

Kalai kalian cuma ada 1 speaker aja juga biasa, tapi output kabel audio R dan L nya di satukan supaya audio yang di keluarkan dari masing masing otput dapat kita degarkan.

Untuk penggunaan daya atau power suplay Power mini module PAM 8403 ini cukup irit kok penggunaan daya listriknya, kamu hanya butuh arus sekitar 1 amper dari bekas casan hp yang keluaran nya yaitu sekitar 1 amper agar hasilnya dapat maximal, serta tegangan yang dibutuhkan hanya cukup dengan 5Volt DC saja.