Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

XL4005 Regulator step down 5A spesifikasinya - Badar Teknog

 Setiap peralatan elektronika pasti membutuhkan sumber listrik, entah dari listrik PLN atau dari batrai, dan setiap peralatan elektronika memiliki porsinya masing-masing dalam mengonsumsi listrik, ada yang membutuhkan tegangan rendah, dan ada yang membutuhkan tangan tinggi.

Nah untuk menyesuaikan kebutuhan listrik pada peralatan elektronika dibutuhkan alat penurunan tegangan atau regulator step down, yang di mana alat ini berfungsi untuk menurunkan tegangan menjadi tegangan yang kita butuhkan.

Misalkan kita membutuhkan tegangan 5V DC, tapi adanya sumber tayangan di atas itu yaitu 12V atau 24V, maka kita tidak bisa menggunakan tegangan itu karena tegangannya terlalu tinggi, bisa bisa alat yang mau kita nyalakan malah rusak kalau kita paksakan mengunakan tegangan yang bukan porsinya.

Nah dengan adanya regulator step down ini kita dapat menurunkan tegangan manjadi tegangan yang kita inginkan misalkan tegangan 12V atau 24V tadi bisa kita turunkan dengan regular step down majadi 5V atau 3V.



Regular step down saat ini sudah banyak di jual di pasaran dan ada banyak fariasi produk dan harga, ada yang harganya mahal ada yang harganya murah, nah pada kali ini kita akan membahas regulator step down Yang bernama XL4009, regulator ini banyak di jual di pasaran dan harganya juga tidak mahal harganya kisaran 15-25 ribuan di toko online.

Regular ini dapat menurunkan tegangan 4.0~32V menjadi 0.8~30V dan mampu menghandle arus sampai 5A di atas kertas.

Pada module ini sudah di lengkapi fitur penyesuaian tegangan yang sangat berguna ketika tegangan inputnya kurang stabil, dimana pada saat kita sudah setting tegangan outputnya ke 5V maka output tegangannya akan 5V terus walaupun tegangan input nya berubah ubah, jadi jangan kuatir kalau input atau sumber tegangannya kurang stabil karena output tegangannya tidak akan berubah-ubah.


Module ini memiliki ukuranya yang cukup kecil (44x21 mm) yang memudahkan  saat instalasi karena ngga banyak makan tempat, kita dapat memasang module ini dangan baut uang sudah di sedikan lubang baut nya atau dengan double tipe, karena PCB bagian bawah dari module ini tidak ada komponenya jadi double tipe dapat terpasang dengan baik pada module ini. 

Spesifikasi module LX4005

  • Input tegangan 4.0~32V 
  • Output tegangan 0.8~30V adjustable
  • Keluaran arus max 5A rekomendasi 4.5A
  • Daya keluaran 75W labih dari 50W gunakanlah heatsink
  • Evesiensi konversi hingga 96%
  • Frekuensi oprasi 180KHz
  • Ukuran 44x21 mm
  • Suhu oprasi -40 ~ +85

Cara menggunakan module ini

Untuk cara penggunaan dari module ini cukup mudah dan tidak rbet, tinggal pasangkan sumber arus di bagian input module , dan output dari  module di hubungkan ke beban yang akan di nyalakan, untuk menurunkan tegangan kalian bisa putar trimpot ke arah kanan tinggal di sesuaikan aja tegangan yang kalian butuhkan, jika daya yang di gunakan lebih dari 50W di sarankan untuk menggunakan heatsink untuk membantu pembuangan panas dari module.