Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah membuat amplifier dengan module PAM8610 - Badar Teknog

>Baca juga artikel sebelumya buat amplifier dari PAM8403

Halo teman teman semuanya di manapun kalian berada semoga dalam kedaan sehat sentosa, pada kesempatan kali ini kita akan membuat amplifier lagi nih, kalau di artikel sebelumnya kita sudah membuat amplifier dengan menggunakan module PAM8403 nah pada kesempatan kali ini kita akan membuat amplifier dengan menggunakan module PAM8610.

Bisa di bilang module PAM8610 adalah kakak dari module PAM8403 kenapa saya bilang begitu, karena module ini mengunakan seri Chip yang sama yaitu PAM.




Spesifikasi Module PAM8610

- Stereo dual channel Amplifier Class D
- Teganga kerja 7-15 Volt DC
- Output speaker 2 x 10W (8 Ohm) & 2 x 15W (4 Ohm)
- Frekuensi 20Hz - 20KHz
- Output impedance 4-8 ohm
- Dimensi (P×L×T): 30.5×25.5×2.6 mm
- Proteksi Over Load
- Proteksi Over Temperature
- Proteksi Anti Pop Up Protection
- Efficiency 90%

Module Amplifier ini juga dilengkapi dengan mode Mute yang memudahkan kita ketika ingin seketika mematikan suara dari module ini, dengan cara memasang push button pada out yang sudah di sedikan, tekan sekali untuk mute dan tekan sekali lagi untuk membuka mute.

Module ini dapat bekerja di tegangan 7Volt DC sampai 15V DC, tegangan yang di rekomendasikan 12V DC, tegangan 15V utuk berjaga jaga jika aja lonjakan tegangan atau Arus DC kurang stabil jadi module tidak langsung rusak ketika mendapat tegangan lebih dai 12V.


Dengan ukuran module yang sekecil ini 3x2.5 cm, memungkinkan module ini dapat di pasang di tempat yang bermedan sempit, kita dapat memasang module ini dengan di pasang baut yang sudah tersedia empat lubang di masig masing sudut, atau kita dapat menempelkannya denga menambahkan double tpie karea bagian bawah pcb dari module ini permukaanya datar dan tidak ada komponennya  bisa lihat gambar di bawah ini dari beberapa sisi.

Oke sebelum ke perakitan kita list dulu nih bahan-bahan dan alat yang kita butuhkan tntuk membuat alat ini. 

Bahan bahan dan atal yang di butuhkan 
1. Dua Speaker 10W atau 15W
2. Kabel audio jack 3.5 RTS
3. Push button 
4. Module PAM8610 
5. Adaptor 12V DC
6. beberapa kabel
7. Solder dan kawatnya

Rekomendasi tegangan inputnya 12V dan untuk speakernya menggunakan 10Wx2 saja.

Kalau semua bahan sudah terkumpul, saatnya kita membuat rangkaian ya sekarang.



Silahkan rangkai seperti  gambar di atas, pastikan terpasang dengan benar dan tidak terbalik, kalau terbalik rangkaian ini tidak akan berfungsi seperti semestinya bahkan malah rusak module nya kalau kabel power nya terbalik.

Untuk mengaktifkan mode Mute silahkan tekan Push Buton sekali makan musik yang sedang berjalan akan di mute atau suaranya hlang seketika, dan kalau ingin menyalakannya kembali silahkan tekan Push buttonya kembali, maka suaranya akan di aktifkan kembali.

Saya sarankan untuk menembahkan heatsink pada chip nya, agar pada saat chipnya panas maka panasnya dapat di salurkan ke heatsink nya, jadi inti dari peanambahan hetsink ini untuk mengurangi panas yang di hasilkan dari Chip PAM8610 ini.

Oke sekian dulu tutorial pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini beranfaat sampai jumpa di artikel selanjutnua.